PENYETELAN JARAK
RENGGANG KLEP
T UJUAN :
1.
agar tekanan kompresi tetap stabil
2.
untuk menghilangkan suara berisik mesin apabila klep dalam keadaan longgar
" JARAK RENGGANG KLEP DIPERLUKAN UNTUK MENGATASI PERUBAHAN RENGGANG
KLEP , AKIBAT PANAS YANG DIKELUARKAN DARI RUANG BAKAR."
- CARA
PENYETELAN JARAK RENGGANG KLEP
- Lepaskan busi agar lebih ringan dalam mencari TOP kompresi
- lepaskan cylinder head cover dengan cara :
1. lepas bolt head cover berikut dengan rubber mounting
2. lepas cover head cylinder, beserta gasket dan dowel pin nya
CATATAN : “PERIKSA TERLEBIH DAHULU COVER HEAD CYLINDER
DAN TUTUP KLEP SEBELUM MEMBUKANYA, DARI KEMUNGKINAN
OLI MREMBES/BOCOR”
Penyebab :
- baut tutup klep kurang kencang
- tutup klep tidak rata
- seal tutup klep bantat
- seal tutup klep terjempit
- Buka cap generator beserta o-ring nya
# Pada motor blade/revo 11o :
Tepatkan
tanda TOP pada sprockets sehingga sejajar dengan permukaan bagian atas
head cylinder , masukan transmisi pada gigi 3 atau 4 kmudian putar roda berlawanan
arah jarum jam.
head cylinder , masukan transmisi pada gigi 3 atau 4 kmudian putar roda berlawanan
arah jarum jam.
#
Pada type matic :
(sama dengan type blade) kemudian tekan kick starter sedikit demi sedikit
# Pada supra series/grand/legenda/karisma
(sama dengan type blade) kemudian tekan kick starter sedikit demi sedikit
# Pada supra series/grand/legenda/karisma
putar fly wheel ., kemudian tepatkan tanda “T”
pada rotor magnit dengan tanda pada
rotor crank casecover left
rotor crank casecover left
-
Pastikan posisi piston berada pada langkah
kompresi (TMA). Posisi ini dapat dipastikan dengan memastikan ada kelonggaran
pada ROCKER ARM
CATATAN :
" PADA SISTEM YANG MENGGUNAKAN SISTEM DEKOMPRESI, POSISI CRANK
SHAFT TIDAK BOLEH DI PUTAR KE ARAH KANAN, PADA SAAT
MENEMPATKANPISTON PADA POSISI TOP KOMPRESI".
SHAFT TIDAK BOLEH DI PUTAR KE ARAH KANAN, PADA SAAT
MENEMPATKANPISTON PADA POSISI TOP KOMPRESI".
Sistem dekompresi yaitu sistem pembocoran kompresi untuk
memperingan tekanan
kaki pada saat melakukan startring.
Pada HONDA sistem ini dinamakan SISTEM ADS (automatic decompression sistem
CARA KERJA ADS :
kaki pada saat melakukan startring.
Pada HONDA sistem ini dinamakan SISTEM ADS (automatic decompression sistem
CARA KERJA ADS :
1. sewaktu engine di matikan , poros engkol masih berputar mendorong piston
melakukan langkah kompresi.
melakukan langkah kompresi.
2. sewaktu piston mendekati TMA , tekanan kompresi sudah
cukup tinggi,dan
piston berhenti sesaat.
piston berhenti sesaat.
3. tekanan piston yang cukup tinggi kemudian mendorong
piston kebawah. Pada
engine lain,piston akan didorong kembali ke TMB. Tetapi pada engine ADS tidak
demikian halnya, decompression cam akan mendorong/membuka katup buang,
sehingga tekanan kompresi tadi tidak lagi mendorong piston kebawah, melainkan
terbuang ke knalpot.
engine lain,piston akan didorong kembali ke TMB. Tetapi pada engine ADS tidak
demikian halnya, decompression cam akan mendorong/membuka katup buang,
sehingga tekanan kompresi tadi tidak lagi mendorong piston kebawah, melainkan
terbuang ke knalpot.
TIGA MACAM ADS :
1. ADS dengan sistem konfensional (ASTREA 800 , SUPRA 100)
2. ADS dengan sistem plunger (KIRANA, KARISMA, SUPRA X 125)
3. ADS dengan sistem decompression weight (VARIO)
- Lakukan penyetelan jarak renggang klep
CARA PENYETELAN DAPAT DI LAKUKAN SBB:
1. longgarkan mur pengikat (lock nut)
2. putar adjusting screw kearah merenggang secukupnya
3. masukan feeler gauge dengan ukuran standard sesuai type
4. penyetelan dianggap benar apabila feeler gauge ditarik
agak seret
5. kencangkan kembali mur pengikat bila kerenggangan sudah
tepat, dengan posisi feeler gauge
masih terpasang
masih terpasang
6. periksa kembali hasil penyetelan, karnena pada saat
mengencangkan mur pengikat, bisa
merubah adjusting screw.
merubah adjusting screw.
STANDAR JARAK RENGGANG KLEP
Type mesin renggang IN renggang EX
mesin 100cc 0,05 mm 0,05 mm
mesin125cc-cub 0,03 mm 0,03 mm
cs1 0,06 mm 0,27 mm
vario 0,16 mm 0,25 mm
beat 0,14 mm 0,14 mm
tiger,mega pro
blade, revo 0.1 mm 0,1 mm
pcx, supra helm in
Type mesin renggang IN renggang EX
mesin 100cc 0,05 mm 0,05 mm
mesin125cc-cub 0,03 mm 0,03 mm
cs1 0,06 mm 0,27 mm
vario 0,16 mm 0,25 mm
beat 0,14 mm 0,14 mm
tiger,mega pro
blade, revo 0.1 mm 0,1 mm
pcx, supra helm in
EFEK PENYTETELAN KLEP YANG BERLEBIH TERLALU RAPAT :
-motor susah dihidupkan
- tnaga kurang
- bisa menyebabkan klep bengkok
TERLALU RENGGANG
-Timbul suara berisik
- mesin cepat panas
-BB jadi boros
- pembakaran kurang maksimal
PERHATIAN :
" Pemeriksaan dan penyetelan jarak renggang klep di anjurkan
pada saat kondisi mesin dalam keadaan dingin dibawah 35 derajat celcius".
Pasang kembali komponen yang kita bongkar dengan urutan
berlawanan.
Hati hati dalam pengencangan baut cover head cylinder,
jangan melewati kekencangan berlebih, karena baut bisa patah.
Setelah melakukan penyetelan kerenggangan klep, lanjutkan
dengan memeriksa/ cek tekanan kompresi
LAKUKANLAH PENYETELAN DENGAN BAIK
SEMOGA BERMANFAAT
TERIMA KASIH
kalo di honda vario khususnya vario 125 mau tau TMA nya tu gimana boz??mau liat dikanan kan ada radiator..patokannya dimana sih boz?ko liat2 di banyak blog sama aja semuanya ga ada yang jelas neranginnya
BalasHapusbuka cop / head silindernya aja.. trus perhatikan bagian mesin sebelah kiri.. disitu ada gigi timing.. ada tandanya koq, putar/paskan gigi timingnya dengan permukaan blok.. dengan cara kick stater di tekan pelan pelan sampai tercapai TMA, barulah kita dapat menyetel celah klep.
BalasHapussemoga bermanfaat
gan motor ane semenjak setel kelep jadi ada masalah nih,,,
BalasHapusmotor jadi susah hidup, apalagi klo pagi atau beberapa jam ga di pake.
udah gitu langsamnya sudah dapat mati terus.
yang paling parah klo lg jalan macet kopling ditarik mesin langsung mati,,,
mohon advice nya. motor ane CS1
wah sama nh masalahnya sama vega zr saya , jadi susah hidup klo mesin udah dingin , kudu di choke biar hidup itupun hrus di engkol dulu
Hapuswah sama nh masalahnya sama vega zr saya , jadi susah hidup klo mesin udah dingin , kudu di choke biar hidup itupun hrus di engkol dulu
Hapus@pelita bangsa
BalasHapusharusnya si setelah dilakukan penyetelan motor jado OK.
heheh ok ada 2 permasalahan yang harus kita waspadai dalam penyetelah celah klep.
1. jangan terlalu rapat
itu bisa menyebabkan motor seperti yang di alami cs1 mas pelita bangsa
2. jangan terlalu longgar
itu bisa menyebabkan mesin timbul bunyi
kalo ana aku saranin si, itu di cek ulang kemudian setel lagi sesuai standard.. itu punyanya mas pelita mungkin terlalu rapat, bisa jadi posisi TOP belum pas saat penyetelan. jika dibiarkan selain motor jadi matian, cs1 mas pelita bakal ga ada tenaganya,,, berlebih kalau celahnya extra rapat, klep bisa bengkok itu lebih bahaya.
semoga bermanfaat
Motor saya shogun 125rr ,tiba2 knalpotnya berasap hitam ,kira2 Apa penyebabnya ya dan s,part apa saja yng harus diganti.. Maksih..
BalasHapusKlo brasap htam biasanya timbul Karna 2 half :
BalasHapus1. Campuran bahan bakar yg kurang tpat/ terllu kaya
Solusinya di service aja karburatornya
2. Pmbkaranya kurang mksimal .. Coba dignti businya...
Note : pastikan itu motor ga di coke ya gan..... Tkutnya lupa..
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMas, Saya Ferry Dari BABEL,mau tanya ni saya punya motor honda supra X 125D thun 2008,untuk penyetelan klepnya knapa di stel std 0.03mm mlah bunyi nglitik tenaga awal akselerasinya dapat ketika sudah rpm tinggi tidak ada penaikan tenaga lagi/datar,tapi ketika saya stel tu klep rapat dan tidak ada bunyi nglitik tenaga awal akselerasinya lama di dapat dan ketika di rpm tinggi baru mendapatkan akselerasi,kira2 bagaimana menangulanginya....?semua masih ori belum ada yang diganti partnya pkoknya masih std bawaan pabrik,mohon jawabannya di tunggu tx.
BalasHapusMas ferry d babel..
HapusOK Mas sya coba analisa.. Klo motor supra 125d hrusnya mmang standard pnyetelan klepnya in Dan ex 0,03
Nah klo motor Mas ferry d stell standard 0,03 koq JD bunyi coba d Cek lgi cara nyetelnya bisa jdi posisi top yg blm tepat klo BSA nyetelnya pke feeler gauge JD akurat..
Nah klo q kasih masukan buatmotornya mad ferry biar akselerasi enak juga bertenaga.. Klep in d stel 0,03 Dan ex pke 0,05 aka mudah"n ssuai yg diharapkn..
Jgn lupa cara nyetelnya kudu hti" biar game berubah waktu proses finishing
Mas,motor saya honda karisma, udah pake noken as wrd yg tinggi liftnya lebih 1 mm dari noken as standar. Trus mekaniknya seting celah klep longgar. Sehingga bunyi mesin jd ribut. Tp kalau di seting dgn celah standar, motor kagak mau hidup kayak kehilangan kompresi kalau di stater kaki. Trus ada solusi yg ngatakan ganti baut setelan klep diganti yg lebih panjang biar gag ribut. Yg saya mau nanya, knp kalau di seting celah ukuran standar, motor gag mau nyala?
BalasHapusMas Januar fuad
HapusSbnere rata2 motor dbkin kenceng ITU... Dgn kita mngurangi lifter noken as nya... Klo sperti kasusnya ms Januar... Ya jlas motor berisik klo d stel standard g BSA hdup
Analisa saya ITU krna tinggi lift mmpngaruhi pmbukaan klep... Jdi ada suplai bbm yg ga seimbang.. PDA akhirnya pmbkaran g smpurna,,, busi Jedi basah...
Solusi darurat DRI sya mngkin
Mas fuad stel klep ex nya lbih banyak... D bnding in...
motor saya honda grand, saya kesulitan menyetel klep, padahal klep sudah rapat tapi masih menimbulkan bunyi, apa penyebabnya, kemudian stang seher bila digoyang kedepan belakang tidak bergerak, tapi klu digoyang ke kiri kana bergerak, apa termasuk tandanya kerusakan pada stang seher ?
BalasHapusD pastikan dulu appkh mmang ITU bunyi DRI klep atau bukan , untuk stndar 0,05 in maupun ex.
BalasHapusAsal TDK ada gejla bunyi PDA stang seher mmungkinkan ITU adalah jarak toleransi. Nmun mmungkinkn jga ITU adlh bnyi dri stang bkn klep
Coba bwa ke bngkel terdekat untuk d analis engine noise nya DRI APA
ok, terima kasih Mas pur. atas penjelasanya.Semalem sudah saya stel sendiri, pertama diposisikan kerenggangan sama antara in dan ex, digoyang2 klep tidak bergerak alias seret, dihidupkan, bisa dan gampang n seimbang, namun suaranya menggelitik keceng, saya stel lagi, dg putaran drat sama in dan ex, sampek dicoba dihidupkan tidak terdengan suara menggelitik. Namun masih ada sedikit asap, saya pastikan berasal dari seal klep ( o-ring nya) yg sudah keras. saya yakin bukan dari sehernya krn baru di korter 50. Pertanyaan saya ? apakah perlu ganti platuk (bukan baut stelnya) dan spring apakah perlu ganti juga ? tanda2 nya apa klu memang harus diganti ? sekarang bisa dipakai, bagus. tks
HapusOK Mas.
BalasHapusTd brhubung sya lg d ahm jogja sya coba phami mksud ms rajawali bersma teknikal ahm..
Mmungkinkn
Yg mmbuat bunyi brasal DRI roker arm nya/ temlarnya/pelatuknya yg sudah aus.. Jd klo d stel pd standar msih akn timbul bnyi. Untk mnghilangkn bunyi dlm keadaan tersbut pengukuran jgn lkukan pda posisi top mlainkn pda saat klep mmbuka.. Nmun dsimpulkn pda saat top celah lbih sempit mungkin 0,03 alhasil bleyeran serasa terkdg berat mskpun bunyi hilang. Nah klo sudah bgini mending Mas gnti temlarnya..
Untuk ciri" pling timbul bunyi yg lain dilihat secara visual keausanya
OK, terima kasih mas pur. met kerja kembali.
BalasHapusSiiip...
BalasHapusSemangat dan terus belajar...
Siap. ...........
BalasHapusGenah, gampang tur ora pusing
Rekomendasi dong...setelan klep vario 125 biar enak performa nya... di luar stelan pabrik. Mksh
BalasHapusmas pur saya mau nanya mengenai mesin cs1 stelah gas di tarik ada suara sepert keteng kendor padahal keteng baru aja di ganti kira" itu kenapa yach mas......thx
BalasHapusmas mo tanya nie, motor sy Mega Pro 2009. wkt melaju mtr tiba2 mati pas di kopling mo oper gigi, gk mau nyala lg dan wktdi engkol kompresi ilang. hrs nunggu 15/20 mnt br bs nyala.yg sy tanya apakah itu pengaruh dr setelan klep ato ap? mohon infonya Thx..
BalasHapusMas,apa ada pengaruhnya plunger dengan langsam motor?
BalasHapusjelas berpengaruh mass
HapusMas, mau tanya, motor saya honda tiger 2004 minta di stel klep terus kenapa ya? baru seminggu di stel klep udah berisik lagi, di stel lagi seminggu kemudian berisik lagi, mohon pencerahanya mas,
BalasHapusTq
mas ternyata setelah saya bawa ke bengkel platuk klepnya habis padahal baru 2 bln ganti platuk dan noken ass, saya pakai oli enduro resing, kata bengkelnya oli enduro tajem, jadi di sarankan pakai mesran aja.
BalasHapusemm.. tiger 2004 yah... nanti kalo pake mesran kurang ok, aku saranin pake Prima xp mas
HapusMas salam kenal, mau nanya honda revo FI itukan celah klepnya IN & OUT sama 0.10mm. gimana dgn tarikan feeler gaugenya? apakah sama2 seret IN & OUT? karena menurut pengalaman saya kl supra x dulu IN & OUT 0.05mm tp tarikan feelernya beda yg IN lebih seret dibanding yg OUT. Mohon pencerahannya mas, terima kasih
BalasHapussalam kenal kembali mas, senang bisa berdiskusi.
Hapusyha belajar pada sistem kerja mesin dimana untuk katup in merupakan katup masuknya bahan bakar dan udara sedangkan katup ex untuk saluran buang maka menurut saya menggunakan aturan katup ex lebih kendor sedikit itu untuk membuat gas buang keluar maksimal, sehingga performa lebih efisien.
pada kasus supra 100 itu aturan pabrik memang in 0,5 dan ex 0,5 mekanik suka membuat ex sedikit kendor dengan alasan di atas.
begitu juga supra x125 aturan menggunakan in 0,3 dan ex 0,3 namun mekanik menggunakan ex 0,5 seret untuk memperoleh performa efisien.
kalo revo Fi mas eric bisa melakukan penyetelan dengan katup ex sedikit kendor tidak masalah asal dalam batas tertentu, cukup gunakan seperti supra 100 saja.
semoga dapat membantu.
terima kasih mas buat pencerahannya, selamat bekerja kembali..
HapusCara nyari top karisma gmna yh? Mutar ke kiri / kenan kira" brp kli?
BalasHapusCara muter top gmna wktu msn mati & mw gnti seher kn hrus cri top tuh kira" topnya ke titik apa yh & brp kli putar? & putr ke kiri apa ke kanan?
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmas esa silahkan baca kiriman saya di atas untuk memutar fly wheel berlawanan arah jarum jam, jika di tanya berapa putaran, jwabnya tergantung posisi awal sebelum kita memutar mesin berada pada posisi apa, isap/sudah kompresi,atau mungkin buang, hanya saja untuk sepeda motor jenis tertentu yang sekarang sudah di kasih sistem ads otomtis kisarn 2x putaran flywheel untuk bisa mendapatkan top kompresi,
BalasHapussemoga dapat membantu.
mas, tiger 2000 saya klo buat narik di gigi 3 kok bunyi "kreteeek kleteekk kletek" gitu ya, kyk ga kuat. nglewatin poldur jg gitu, klo gigi 2 ato 3 trus gas ditarik bunyi. kira2 knp ya, bunyi apa itu.
BalasHapusmas saya stel klep beat 2011 udah ikutin saran nya tapi masih ngelitik jg.saya kencengin malah batuk2,langsam nya ga stabil,permasalahan nya apa ya mas,
BalasHapusKeluhan sebelumnya apa mas ?
BalasHapusSetel klep sesuai standard kembali, jika masih ada bunyi kasar, coba dipastikan sumber suara dari sebelah mana.. kemungkinan matic dari otomatis keteng atau itu suara dari cvt. Pastikan dulu. Semoga bermanfaat
Mas mau tanya nih, baut stelan motor apa yaa yang lebih panjang dari standart ny motor vario 110, soal ny noken udah papas jadi ga sampe baut stelan ny hehe. Tks
BalasHapusKalau nyari yg lebih panjang terus terang aku kurang tau, tapi untuk mengatasi campuran bb yg tidak tepat akibat pemapasan noken as bisa dengan memperbesar saluran hisap dan buangnya. Semoga bermanfaat
HapusNumpang nanya mas...hondaku legenda2 punya gejala bbm boros n keluar asap hitam, lalu busi cepat rusak (baru 2 hari ganti busi, sudah berjelaga). Pernah servis AHASS malah bocor oli diperseneling kaki setelah servis, dan sdh ganti karet. Aku serviskan lagi ke bengkel katanya klep nya gk masalah...yg error karbunya. Apakah karbu harus diganti ya ? mohon penjelasannya, thx
BalasHapusAda 2 kemungkinan mas, pertama setelan karbunya yang gak normal atau terlalu boros, kalo itu udah di service di ahass harusnya setelan karun sudah OK dong, kecuali memang disarankan ganti, tapi kalo busi tiap 2 hari harus ganti, aku curiga sama kemungkinan kedua, dimana klep bocor mas ,,,busi jadi basah terus jadi mati, harus diganti klepnya.
BalasHapusSilahkan dicermati kembali dan konsultasikan ke mekaniknya.
Om kalo buat beat pake kenalpot bobokan ,pengen kalo lepas gas ada suara mbeeerrrrrr gimana , tolong penjelasan nya
BalasHapusWah kalo suara mberr itu cenderung knalpotnya mas, saya pernah pake tuh motor jupiter z 2009 stelan standard, karena knalpotnya settingan mber, ya standard pun tetap bunyi mberr
HapusBikin ajha mas tempat temen ku banyak tuh di purbalingga.
Ass Mas. Sebelumnya saya minta maaf sudah keluar dari topik. saya mau tanya motor saya honda beat tahun 2009 Gasket Head Cover bocor terus padahal sudah tiga kali ganti. awalnya gara gara air accu bocor.
BalasHapusGasket head cilinder yah, wah kalo udah diganti harusnya normal dong, ok coba kita analisa... bocor itu cuma di bidangnya, berarti masnya cek cover silinder nya rata enggak ? Kalo sebelumnya ada ngaruh di bocornya accu, skrg masih bocor engga ?, coba buka cover silinder secara cermat tapi sebelum buka coba cek pusat oli ngalir dari mana? Sisi kanan,kiri,atas,bawah kah? Kalo sudah baru buka secara cermat dan lihat gasketnya, kejepitkah ? Robek kah ? Atau normal ? Kalo menjepit/gassket mlintir brarti pmasanganya yang kurang hati hati, kalo gasket normal, coba cek gasket bantat/keras engga, kalo keras ya diganti yg original, tapi kalo lentur coba di lem pake lem gasket, pasang kembali dengan hati hati.
HapusBaca kembali dengan cermat, intinya cek bidang cylinder dan bidang gasketnya. Semoga dapat membantu.
Ass Mas. Sebelumnya saya minta maaf sudah keluar dari topik. saya mau tanya motor saya honda beat tahun 2009 Gasket Head Cover bocor terus padahal sudah tiga kali ganti. awalnya gara gara air accu bocor.
BalasHapusOke mas sangat membantu , tapi kalo di bobok mber apa namanya mas
BalasHapusKayaknya namanya gak ada yg khusus deh,Wkwkkk tapi kalo gak salah nanti itu bikinya diakali di sarangan nya
HapusMas mau nanya,saya punya honda cs1,kemaren ganti piston gara2 uda ga bertenaga,alhasil di oversize 0,50...setelah selesai saya coba memang agak bertenaga,trus disaranin ganti vacum/skep,karena uda aus,tp setelah diganti malah saat melaju ditarik ga ada tenaganya,max speed hanya 50km/jam,mohon bimbingannya
BalasHapusCS1 pda dasarnya kalo vacum nya luka akan mengakibatkan kebocoran tekanan proses vacum tidak sempurna efek secara langsung ketika gas sudah di tarik penuh speed tdk maksimal.
HapusCirinya : terdapat guratan atau permukaan skep vacum yg tidak merata.
Saran kasus : coba cek itu vacum yang diganti original apa bukan ? Disarankan ganti yg original.
Tapi kalo udah original coba buka kembali pastikan pemasangan nya betul, vacum bekerja dengan maksimal. Jika masih belum jadi juga
Pengalaman sya bisa pake 2 cara :
1. Tukar payung vacum yg lama ke yang baru lalu coba
2. Coba pake vakum yg lama saja, nanti pas bagian sisi skep vacum dg pyung vacum di lilit isolatip untuk memastikan tdk ada kebocoran lewat situ, kalo jadi, ya mending pake vacum lama ajha
Tpi kalo gak jadi coba minta tukar skep dngan yg lain di tempat agan service.
Semoga bisa membantu.
Mikum mas saya mau nanya. motor saya supra x 125r thn 2013. Klep in ex saya setel 0.05.
BalasHapusMotor gax berisik tenaga bawah dan atas dapet mas tembus 150kpj lebih jarak 200mtr. hanya saja mesin terasa lbh cepat panas. Mohon solusinya mas.agar motor terasa lbh dingin tnpa ngurangi tenaga sblmnya.mksh
Waalaikum salam
BalasHapusKalo untuk mengatasi panas mesin, mas akali saja pake kekentalan oli mesin, kalo oli terlalu encer tentu mesin cepet panas tarikan memang lebih ringan, kalo oli kental peredaman terhadap panas mesin lebih baik meskipun tarikan mesin ketika mesin masih dingin berasa berat, tapi kalo sudah di tingkat panas tertentu tarikan ringan juga,
Jadi mungkin saran saya ganti oli mesin ke tingkat kekentalan yang lebih tinggi.
Semoga dapat membantu.
Mikum
BalasHapusMas mau nannya honda kirana kok klap nya di ukuran setandar ga mau ya malah grongg..gong,mau nya lobang in rapet ex nya longgar bangetex,,itu masalah nya di mana ya padahal rante ketengketeng,tensioner,lidah tensioner nya sudah di ganti tetap aja kaya gitu,tolong mas penjelasannya makasih :)
mas mo nanya.. ukuran klep in dan ex buat honda blade Fi 125 berapa ya?
BalasHapusMas klo tiger oversize 100 ukuran celah berapa ya
BalasHapusMas salam kenal sblmnya,motor ane revo 100cc, ane mau tanya kl seher ane ganti dengan seher punya kaze atau blade 110(cylinder ane ganti),lebih gahar mana mas dari segi tenaga dan speednya...mohon pencerahanya
BalasHapusMas setelan motor saya kan in 0,05 ex 0,08 nah sekarang saya buat in 0,05 ex 0,14 motor nambah enak Kompresi padat tapi aga bunyi kemletek itu Kira2 bahaya gak ya buat jangka panjang
BalasHapusvario 125 sya kok stelan celah klep kok jauh bgt dri standart y.standartny in ex 0.15 dsn 0.25.dstel standar bunyi klep suara kras bgt.bisanya dbuat in ex 0.10 dan 0.15 tpi celah klep msh longar,swara klep msh keras.ap ya pnyebabnya,ap noken as dh aus/rock arm aus.minta infonya para suh..
BalasHapusNumpang tanya mas motor saya vegazr abis bongkar ganti ring kok bunyi tak tak tak nya kuat banget suara diarea bureng... solusinya mas.....
BalasHapusMau tanya bro, mtor saya baru udh stel klep dan ganti rante kamrat baru, motor new megapro 150cc, suara mesin ok, tenaga ok masih kenceng, cuma kalo pagi2 lambat stabil gas nya kalo di panasin kalo di choke baru stabil,nah kalo mtr gak di pake 3jam an agak kurang stabil lagi gas nya, tapi kalo mesin udh panas normal mtornya, skali starter langsung stabil normal,
BalasHapusMohon bimbingan nya